Minggu, 16 November 2008

Destinasi Pariwisata Berwawasan Lingkungan

Strategi maksimalitas potensi wisata merupakan wahana berpeluang untuk menjadi andalan dalam konteks ke-indonesia-an. Indonesia kaya objek wisata. Hampir setiap daerah memiliki sesuatu yang dapat diunggulkan.
Problem epistemologinya adalah kebutuhan grand design yang benar-benar komperhensip nampak masih belum memadai. Makassar, misalnya, masih berkonsentrasi bagaimana infra struktur pendukung destinasi pariwisata dibenahi dan diperkuat. Bandara diperbagus, jalan tol dibuat baik dan dukungan lainnya.
Hal lain lagi yang mendesak dalam konteks pariwisata adalah bagaimana mendorong regulasi komperhensip agar pariwisata juga memperhatikan dimensi sustainable dan berperspektif lingkungan. Untuk itu, sebuah komitmen dan koordinasi lintas intansi untuk menguatkan hal tadi merupakan keniscayaan.
Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, saya pikir, merupakan institusi yang memiliki tugas berat untuk mensinergikan pelbagai instansi terkait untuk mengkontruksi pariwisataberwawasan lingkungan. Sebab, terdapat beberapa kegiatan wisata yang tidak selalu dibawah otoritasnya. Misalnya, wisata alam yang dilakukan di hutan lindung yang dibawah otoritas institusi departemen kehutanan.
Mungkin ini persoalan waktu dan manajemen. Namun, juga bisa jadi, problem intergritas dan komitmen. Lepas dari itu, ikhtiar harus dirancang agar terjadi pembangunan pariwisata yang mampu memberikan kemakmuran sekaligus turut menyelamatkan lingkungan. Pemanfaatan yang seiring dengan konservasi bisa jadi menjadi alternatifnya.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima Kasih dan Sebelumnya Saya Minta Maaf Karena Saya Hadir Disini Bukan Untuk Meninggalkan Komentar, Tetapi Hanya Ingin Meng-Iklankan Sebuah Blog Perjuangan Kawan-Kawan Mahasiswa UNPAK...
Semoga Blog Ini Bisa Menjadi Forum Diskusi Bagi Aktvis-Aktivis Mahasiswa UNPAK Untuk Memformat Ulang Gerakan Mahasiswa UNPAK...
Selamat Datang Datang & Selamat Berkunjung di :
http://fpphr.blogspot.com
Terima Kasih Banyak Kepada Bpk. Mihradi, SH MH, Atas Penggunaan Blog-nya Sebagai Media Publikasi Bagi Blog FPPHR..
Trims
Jabat Erat FPPHR

dut mengatakan...

saudaraku mihradi...
tulisan saudara mengenai "Destinasi Pariwisata Berwawasan Lingkungan" sangat menarik.... hanya saja saudaraku... saya akan lebih terkesan jika saudaraku juga menulis dengan membandingkan makasar sebagai pilot project untuk di wilayah Kota Bogor dimana saudaraku tinggal... seperti diketahui kota bogor adalah kota jasa dimana untuk meningkatkan Pendapat Daerahnya selain dari bidang lain juga salah satunya adalah dengan jasa... menurut saya yang sangat potensial adalah peningkatan pariwisata.... nah dengan hasil penelitian saudaraku juga dapat kiranya bisa diterapkan juga di Kota Bogor. terimakasih "salam demokrasi" perjuangan untuk mencapai kesejahteraan masing panjang bung!!!!

Mihradi Cendikia mengatakan...

Terima kasih untuk sahabatku berinisial dut. Memang problem dasar kita adalah seringkali kita tidak mampu secara jernih merefleksikan potensi kita. Bogor, saya rasa memiliki kekayaan itu, yang bila dirawat dengan baik akan berkembang. Saya melalui pelbagai forum, termasuk blog ini ingin berbagi dalam kesedikitan informasi yang dimiliki mengenai hal-hal tadi. terima kasih sobat atas penerang dan pencerahannya. Moga demokrasi tetap tersedia nyaman untuk berbagi pemikiran dalam kebebasan yang otentik.