Jumat, 23 Mei 2008

Patroli Keamanan Sekolah Polresta Bogor di tahun 1988-an

Di tahun 1988an, kalau tidak salah, saya duduk di bangku SD, saya ikut Patroli Keamanan Sekolah (PKS) sebuah kegiatan ekstra kurikuler yang dibina oleh Polresta Bogor. Hingga akhir SMP, saya menjadi anggota PKS dimaksud.
Bagi saya, PKS menarik. Pertama, memberikan materi dan pengayaan bagaimana tertib berlalu lintas. Kedua, menjadi agen bagi siswa-siswa untuk tertib berlalu lintas. Ketiga, membangun jaringan persahabatan dengan semua pelajar se Bogor.
Tentu, suka duka selalu ada. Dukanya kalau upacara terlalu lama pada hari peringatan nasional. Badan pegal-pegal, tapi tetap semangat. Sukanya, kalau turun ke jalan, ikut mengatur lalu lintas. Ada kebanggaan, dengan seragam lengkap, memberhentikan kendaraan dan menyebrangkan pelintas jalan.
Tentu, diberbagai sisi-sisi ada romantismenya juga. Naksir-naksiran khas cinta monyet anak sekolahan. Dan, semangat berkegiatan karena ada yang ditaksir. Suatu bumbu yang pasti ada diberbagai kegiatan.
Ohya, saya akhirnya berhenti dengan pangkat akhir Taruna Muda Madya Penuh.
(Tersaji sebagai kenangan buat kawan-kawan PKS di tahun 1988-an, saya saat itu, SD Pengadilan II Bogor dan SMPN II Bogor)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

artikel ini penuh kesan bila di ingat ingat kembali.. betul kan pak.. salam kenal dr saya PKS angkatan 36 tahun 2010.. pengalaman yang luar biasa dan takan dilupakan di pks.. :)

Unknown mengatakan...

salam... saya juga mantan anggota pks polresta bogor angkatan tahun 1988. bahkan nomor anggota masih ingat: 885612285... hahaha

Unknown mengatakan...

waaaaahhh saya belum lahirr... hhe Pks saat ini rentan punah, klo bs sharing untuk bangkitkan pks silahkan pak hhe