Senin, 11 Februari 2008

Curiculum Vitae-ku (agak Lengkap)

CURICULUM VITAE


Nama Lengkap : R Muhammad Mihradi
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir : Bogor, 12 Agustus 1974
Agama : Islam
Status : Menikah
Alamat : Jl Gadjah Mada I Blok BVIII No.4
Perumahan Cimanggu Permai, Bogor
Telp/HP : (0251) 338743/ 081 599 48 101
Email : discourse@telkom.net dan praktikal@plasa.com
Web Site : http://www.mihradi.blogspot.com



Pendidikan
- S1 (Ilmu Hukum), Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor,
lulus tahun 1997.
- Mahasiswa Program Magister Ilmu Hukum Universitas Tarumanagara Jakarta (mulai 2006).

Pekerjaan
- Staf Peneliti Lembaga Penelitian dan Pengembangan Hukum Administrasi Negara (LPP-HAN) Jakarta.
- Staf Pengajar Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor.
- Staf Pengajar Akademi Teknologi Bogor (AKTB).
- Sekretaris Bagian Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor.
- Peneliti Forum Kajian Hukum Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor.
- Redaktur Jurnal Academia Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor.
- Anggota Dewan Pendiri Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN), Jakarta.

Pelatihan
Training for Trainers (ToT) Data Base Entry Pemilu Kerjasama Komisi Pemilihan Umum dengan FISIP UI (bersertifikat) (Jakarta, Februari 2004).

Pengalaman Akademis
2003-2004, Narasumber pada Pelatihan Hukum Pemerintahan dan Hukum
Acara Peradilan Tata Usaha Negara untuk Karyawan PemkotBogor.
19 Mei 2006,Anggota Tim Juri Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Hukum Lingkar
Diskusi Ilmiah Lembaga Kajian Keilmuan FHUI.
Sejak 1999 mengikuti berbagai seminar, workshop dan training berkaitan dengan pemilu, HAM maupun ketatanegaraan.

Pengalaman Penelitian dan Legal Drafting (antara lain) :

(1) 2003-2004, tim peneliti dan perancang draft naskah akademis dan pasal- pasal RUU Mahkamah Konstitusi versi Non Government Organization (NGO), program Konsorsium Reformasi Hukum Nasional dan Patnership-UNDP.
(2) 2003, tim peneliti dan perancang naskah akademis dan pasal-pasal RUU Batas Wilayah, kerjasama Badan Legislasi (Baleg) DPR RI dan Fakultas Hukum Universitas Pakuan, sponsor Parliamentary Support UNDP.
(3) Oktober 2005, peneliti, narasumber dan tim perancang (legal assistance) pembentukan Raperda Retribusi RS Malingping Banten dan Raperda Pengarusutamaan Gender, dikontrak oleh DPRD Propinsi Banten dibawah PT Palupuh Consolindo.
(4) Januari 2006, Konsultan PT Palupuh Consolindo untuk legal drafting pembentukan tata tertib DPRD Propinsi Banten.
(5) 2004-2005, tim peneliti, konsultan dan anggota penyusun Cetak Biru Mahkamah Konstitusi, kerjasama Konsorsium Reformasi Hukum Nasional dan Mahkamah Konstitusi dengan pendanaan Yayasan Tifa.
(6) 2004-2006, Koordinator Program Riset Penguatan Kapasitas Legislasi Yang Partisipatif, institusi pelaksana: Forum Kajian Hukum FH Universitas Pakuan, Konsorsium Reformasi Hukum Nasional (KRHN) dan Pusat Telaah Informasi Regional (PATTIRO). Wilayah riset, DPR RI Jakarta, DPRD Makasar, DPRD Propinsi Jawa Tengah dan DPRD Pekalongan.
(7) April 2006-kini, Tenaga Ahli dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Hukum Administrasi Negara (LPP-HAN) Jakarta untuk pembentukan Raperda Retribusi Izin Bangunan, Raperda Ketertiban Umum, Retribusi Bangunan Gedung DPRD Kota Bogor.
(8) Juli 2006, anggota Panitia Rencana Aksi Nasional HAM Kota Bogor.
(9) 13 Agustus 2006, konsultan ahli PT Palupuh Consolindo untuk Kajian Yuridis dan teknis tentang Sistem Rekrutmen Panwas Pilkada Provinsi Banten, dibawah supervisi DPRD Propinsi Banten.
(10) Juli-Agustus 2006, anggota tim eksaminasi putusan MA Harini Wiyoso, program KRHN dan Uni Eropa.
(11) November-Desember 2006, tim peneliti dan penulisan buku Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya, kerjasama PATTIRO dan Uni Eropa.
(12) Desember 2006, Nara Sumber dan tenaga ahli dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Hukum Administrasi Negara (LPP-HAN) Jakarta untuk Raperda Penyelenggaraan Pendidikan dan Evaluasi Perda dan Prolegda Kota Bogor, DPRD Kota Bogor.
(13) Konsultan Hukum PT Sinar Sakti Nusantara untuk Proyek Penyusunan Peta Jalur Penangkapan Ikan Di Perairan Kalimantan Barat dan Perairan Kalimantan Timur Direktorat Sumber Daya Ikan Ditjen Perikanan Tangkap Departemen Kelautan dan Perikanan RI (Oktober-Desember 2007)
(14) Konsultan Hukum pada Pemda Kota Tangerang untuk Program Review Perda IMB dan Perda Ijin Peruntukan Tanah dimulai bulan September sampai Desember 2007).


Publikasi Buku

(1) Narasumber, Wimar Witoelar, Perspektif Bersama Wimar Witoelar, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1995.

(2) Tim Reporter untuk penulisan buku Stanley dkk, Pengantar: Goenawan Mohamad, Bayang-Bayang PKI, Jakarta: ISAI, 1995.

(3) Tim Penulis dalam Bambang Widjojanto dkk, Konstitusi Baru Melalui Komisi Konstitusi Independen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2002.

(4) Tim Penulis dalam Firmansyah Arifin dkk, Pokok-Pokok Pikiran dan RUU Mahkamah Konstitusi, Jakarta: Konsorsium Reformasi Hukum Nasional dan Patnership, 2003.

(5) Tim Penulis dalam Firmansyah Arifin dkk, Hukum dan Kuasa Konstitusi, Jakarta: Konsorsium Reformasi Hukum Nasional dan The Asia Foundation, 2004.

(6) Tim Penulis dalam Cetak Biru Mahkamah Konstitusi, kerjasama Konsorsium Reformasi Hukum Nasional dan Mahkamah Konstitusi dengan pendanaan Yayasan Tifa, 2005.

(7) Editor dan Penulis buku Menimbang Kapasitas Legislasi, Bogor: Forum Kajian Hukum FH Universitas Pakuan, Konsorsium Reformasi Hukum Nasional dan Pusat Telaah dan Informasi Regional, 2006.

(8) Penulis dalam Dasar-Dasar Memahami HAN Dalam Yurisprudensi, Bogor: Forum Kajian Hukum Universitas Pakuan, 2006.

(9) Tim Penulis dalam Pegangan Ringkas Pemenuhan HAM Pendidikan dan Kesehatan Di Daerah, Jakarta: Pusat Telaah dan Informasi Regional dan European Initiative for Democracy and Human Rights (EIDHR) Uni Eropa, 2006.

(10) Tim Penulis dalam Pengantar Memahami Hak EKOSOB, Jakarta: Pusat Telaah dan Informasi Regional dan European Initiative for Democracy and Human Rights (EIDHR) Uni Eropa, 2006.




Publikasi Artikel/Opini

Tersebar sejak tahun 2000 diberbagai media seperti Kompas,Situs Kompas.Com, Suara Pembaruan,HarianTerbit, News Letter KRHN: Buru Koruptor, Jurnal Keadilan, Jurnal Otonomi, Situs Hukum Online, Situs Perspektif net, Situs Jaringan Islam Liberal, Radar Bogor, Surat Kabar Pakuan,Harian Pakuan Raya, Metro Bogor dan sebagainya.

Sejak tahun 1995, menjadi undangan dan narasumber di media elektronika antara lain Perspektif SCTV, Selayang Pandang Indo Siar, Global TV, Radio Elshinta Jakarta, Radio Megaswara Bogor, Kantor Berita 68 H Jakarta, RRI Pro 2 FM Bogor dan lain-lain.

1 komentar:

y S g mengatakan...

ada yang kurang, d'girl from beijing side b soalnya yang side a nya ilang, itu koq ga ada, kurang lengkap